PEMBACA

Minggu, 26 Mei 2019

Studi Lapangan Wisata Kawah Tangkuban bersama siswa-siswi MTs Negeri 3 Bekasi



Jarni sujarni | 27 Mei, 2018 | Jawa Barat

Studi lapangan tempat wisata Kawah Tangkuban Parahu tahun pelajaran 2018/2019 cukup menyenangkan. tiga bis yang kami tumpangi menuju tempat itu, melaju cukup menyenangkan. Anak-anak juga menikmati perjalanan mereka dengan tawa dan canda. Guru dan siswa bergabung seperti orang tua dan anak.



Kawah Tangkuban Perahu, salah satu objek wisata yang paling populer di daerah Bandung dan sekitarnya . Pemandangan di sana menyejukkan mata dan masih alami. Saat kami, rombongan study Lapangan keluarga besar MTs Negeri  3 Bekasi berkunjung ke sana, suasana masih berembun, padahal sudah jam sebelas siang. Matahari enggan muncul. Jarak pandang yang tertutup kabut membuat kami mendekat bila ingin melihat kawah gunung Tangkuban Parahu.


Gunung tangkuban perahu seolah-olah menjadi tempat yang wajib anda kunjungi kalau berlibur di Bandung. Tempatnya mudah dijangkau dan cukup unik lho. Kawah utama disini, kawah ratu, luas sekali. anda bisa menikmati pemandangan sekitarnya langsung dari bibir kawah.
Gunung Tangkuban Perahu dikenal dalam legenda Jawa barat yang terkenal, legenda Sangkuriang dan Dayang sumbi. Gunung ini disebut sebagai tangkuban perahu ( perahu terbalik) karena memang jika dilihat dari jauh terlihat seperti perahu yang terbalik. Anda bisa melihat bentuk ini dengan jelas dari daerah Maribaya Lembang.



Cerita rakyat tangkuban perahu ini cukup dikenal di Jawa barat. Cerita tangkuban perahu mengisahkan tentang Sangkuriang, seorang anak yang jatuh cinta pada ibunya, Dayang Sumbi. Agar keinginan Sangkuriang tidak terlaksana, Dayang sumbi mengajukan syarat untuk dibuatkan telaga dan perahu dalam satu malam.  Dayang Sumbi berusaha mencari cara agar sangkuriang gagal memenuhi syarat tersebut. Sangkuriang melampiaskan kekesalannya dengan menendang perahu yang baru setengah jadi. Perahu yang ditendang oleh Sangkuriang mendarat terbalik, dan menjadi gunung tangkuban perahu. Tunggul dari pohon yang ditebang dan dibuat menjadi perahu berubah menjadi gunung bukit tunggul.

Bentuk perahu terbalik dari gunung tangkuban perahu terlihat jelas dari daerah Cibodas Lembang.

Betul atau tidak kisah tersebut? 
Namanya juga legenda, cerita dari mulut ke mulut dan turun temurun yang belum terbukti fakta dan sumber beritanya.




Dimana lokasinya wisata Tangkuban Parahu?

Lokasinya ada di kompleks wisata kawah Gunung Tangkuban perahu, perbatasan Bandung Barat dengan Subang, tepatnya setelah Cikole Lembang. Daerah wisata ini mudah sekali untuk di akses .

Cara menuju lokasi, bisa ditempuh dari Bandung sampai ke lokasi kawah dengan lancar. Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan rute Bandung – Lembang – Ciater . Anda tinggal mengikuti jalan Setiabudhi menuju ke Lembang, dan belok kanan ke arah Subang dari bunderan Lembang. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena banyak rambu informasi disepanjang jalan.


Jika menggunakan kendaraan umum, anda bisa naik angkutan kota Stasiun Hall – Lembang, berhenti di terminal Lembang, dan di sambung dengan angkot lembang – cikole . sesampainya di lokasi, ada mobil ‘ontang-anting’ yang siap mengantarkan anda ke kawah Tangkuban Parahu. Atau alternatif  lainnya dengan naik elf atau angkutan sejenis ke arah subang dari terminal ledeng di jalan setiabudhi bandung atau dari terminal lembang.

Dari arah Bandung, nanti anda akan menemukan jalan masuk ke Tangkuban Perahu di sebelah kiri jalan tepat setelah hutan pinus Cikole (area Grafika Cikole) . Untuk lebih mudahnya anda bisa melihat peta di bagian bawah artikel ini . Jika anda menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan angkutan khusus yang akan membawa anda ke lokasi dari gerbang masuk.
Dari gerbang masuk menuju ke kawah, anda masih harus menempuh jarak sekitar 3 KM.
angan khawatir jika merasa lapar atau haus, banyak pedagang dan kantin tempat istirahat yang menyediakan makanan dan minuman. Kelengkapan lain seperti Masjid dan kamar kecil tersedia cukup banyak dan bersih . Sarana parkir juga tersedia cukup luas. Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda bisa langsung parkir di dekat kawah tangkuban perahu sehingga tidak perlu berjalan jauh untuk menuju lokasi.

Jika rombongan dengan kendaraan besar/bis, area parkir khusus mobil besar terletak kurang lebih 200 meter sebelum kawah ratu.

Mudah kan? Tempat yang nyaman untuk berkunjung dengan keluarga, kerabat, dan siswa-siswi Anda ☺☺☺☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TIPS MEMBUAT SOAL HOTS (Higher Order Thinking Skills)

 Assalamualaikum, senang berjumpa lagi di sini.  sedikit-sedikit kita dapat mempelajari ilmu-ilmu baru dengan rajin belajar. tak perlu banya...